Dari 11 Parit, Desa Kota Harapan Butuh 3 Parit yang Perlu di Tanggul Kades: Sangat Berpengaruh Terhadap Kebun Warga

admin

Dari 11 Parit, Desa Kota Harapan Butuh 3 Parit yang Perlu di Tanggul

Kades: Sangat Berpengaruh Terhadap Kebun Warga

CNN – Tanjab Timur

Letak Desa Kota Harapan Kecamatan Muarasabak Timur yang berbatasan langsung dengan Laut Tiongkok Selatan membuat wilayah tersebut dipengaruhi oleh pasang-surut. Maka dari itu, untuk melindungi kebun – kebun warga, tanggul sangat dibutuhkan.

“Air laut itu pasti masuk ke parit, kalau tanggulnya rendah otomatis air laut masuk ke kebun masyarakat. Kalau sudah tergenang dua tiga hari ya selesai,” ungkap Kepala Desa Kota Harapan, M. Tandri ketika disambangi awak media di kediamannya, Rabu (24/3/2021).

Lebih lanjut Ia menyampaikan, dari sebelas parit di Desa Kota Harapan, tiga di antaranya yang saat ini menjadi prioritas.

“Parit III, II dan parit I. Satu parit itu panjangnya kurang lebih 5 Km, jadi sekitar 30 Km yang perlu di tanggul,” jelasnya.

Adapun jenis tanaman milik kebun warga yang berada di Parit I, II dan III tersebut, kata M. Tandri adalah Pinang dan Kelapa. Dan diakuinya pengaruh air laut sangat berpengaruh terhadap hasil kebun warga.

“Kalau sehari masuk, hanya sekedar lewat, air asin itu jadi pupuk. Nah kalau tergenang jadi penyakit,” katanya.

Kemudian Ia juga mengatakan, di beberapa daerah di wilayah Desa Kota Harapan banyak pohon kelapa yang bentuknya sudah meruncing (habis daun-red) karena tergenang air asin.

“Lantaran kita dapat bantuan dari pemerintah, di tanggul oleh pemerintah, dua tahun kemudian pohon kelapa yang kata orang sudah sekarat bisa di panen lagi,” paparnya.

Lalu Ia mengatakan, walaupun untuk memobilisasikan alat berat ke lokasi Parit I, II dan III di rasa cukup sulit. Pemerintah Desa Kota Harapan terus mengupayakan usulan-usulan pembangunan tanggul kepada pihak-pihak terkait.

“Nanti alat kecamatan kita turunkan kesitu, rencananya kita akan tanggul dengan cara swadaya. Di parit III, pekerjaan tahun kemarin ada alat berat yang tidak bisa naik sampai sekarang karena terbawa arus, mobilisasi nya berat,” pungkasnya. (Ambok Ajeng)

www.cakrawalanusantaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua DPRD Usul Stilasi BLA Jadi Wisata Edukasi

Share this on WhatsAppBANDUNG – CNN Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengusulkan agar 10 stilasi jejak Bandung Lautan Api menjadi wisata edukasi. Hal itu dilontarkannya usai mengikuti upacara Peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, Rabu (24 Maret 2021). “Saya mendorong untuk direvitalisasi. Jadi bukan hanya monumen saja, […]

Subscribe US Now

WhatsApp chat