Hj. Salmiah Rambe, S.Pd.I: Perlu Adanya Dukungan Perhatian Penyelenggaraan Moral dan Spiritual, Tidak Hanya Jasmani

admin

BANDUNG – CNN

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung terus matangkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait Bandung Kota Ramah Lansia. Hal ini sebagai wujud perhatian DPRD Kota Bandung dalam upaya meningkatkan angka harapan hidup lansia di Kota Bandung.

Anggota Pansus (Panitia Khusus) 6 Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Bandung Ramah Lansia DPRD Kota Bandung Hj. Salmiah Rambe, S.Pd.I

Anggota Pansus (Panitia Khusus) 6 Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Bandung Ramah Lansia DPRD Kota Bandung Hj. Salmiah Rambe, S.Pd.I ditemui media online cakrawalanusantaranews.com memaparkan, dalam grafik tingkat angka harapan hidup lansia di Kota Bandung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hal tersebut dibuktikan dengan data survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang merinci sejak tiga tahun terakhir, dimana pada tahun 2017 berada di 73 tahun, selanjutnya, tahun 2018, 74 tahun, dan 2019 menjadi 74,4 tahun.

“Ini menunjukan angka positif karena angka harapan hidup lansia yang meningkat setiap tahunnya. Selain itu secara presentase total jumlah penduduk Kota Bandung sebanyak 2.480.464 pada tahun 2019, sekitar 11,86 persen atau 294.178 penduduk merupakan kategori lansia, dan kondisi ini pun terus bertambah setiap tahunnya,” ujarnya.

Menurut Hj. Salmiah, dibentuknya Perda Lansia ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lanjut usia dalam memenuhi kebutuhan material, spiritual dan sosial agar dapat hidup layak menuju lanjut usia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sejahtera, mandiri, dan produktif. Terwujudnya harmonisasi dan sinkronisasi upaya penyelenggaraan Kota Ramah Lanjut Usia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kota, Keluarga, Masyarakat, dan Dunia Usaha. Sebagai bentuk penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak lanjut usia dalam pemenuhan hak lanjut usia. Meningkatkan harkat dan martabat lanjut usia. Meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat dan ramah bagi Lanjut Usia.

Oleh karena itu, Perda Lansia dimaksudkan sebagai acuan bagi Pemerintah Kota, Keluarga, Masyarakat, dan Dunia usaha dalam mewujudkan Bandung Kota Ramah Lanjut Usia. Mulai dari penyediaan perumahan dan kawasan pemukiman, penyediaan ruang terbuka dan bangunan yang ramah lansia, transportasi ramah lansia, penghormatan dan inklusi sosial, partisipasi sosial, partisipasi sipil, pekerjaan yang ramah lansia, dukungan komunitas dan pelayanan sosial, pelayanan kesehatan, keagamaan, dan mental spiritual, hingga advokasi sosial dan bantuan hukum dan atau perlindungan lansia dari ancaman atau tindak kekerasan, “ Kata Politikus dari Fraksi PKS Hj. Salmiah Rambe, S.Pd.I.

Insya Allah dengan Perda lansia yang nanti teknisnya dalam Perwal akan bermanfaat bagi masyarakat khususnya Lansia Kota Bandung lebih mendapat perlindungan, pemenuhan hak lansia. Selain itu kami pun mendorong Pemerintah Kota agar di bentuknya Pos Bindu (Pos Pembinaan Terpadu) bagi lansia yang ada di tingkat RW agar ada perhatian Pemerintah terhadap Pos Bindu, “ ujarnya.

Disinggung tentang anggarannya, Salmiah mengatakan Alhamdullillah kami dorong dan berhasil masuk di Pasal di dalam Perda agar ada pendampingan keagamaan bagi  lansia yang sakit/terbaring di tempat tidur seperti bantuan untuk lansia yang tidak mampu atau terlantar.

Salmiah berharap, “Persoalan lansia ini bukan hanya menjadi tanggung jawab dari pemerintah saja, tapi juga seluruh masyarakat, keluarga, termasuk badan usaha. Sebab, wujud kepedulian dan memberikan nilai terbaik dalam pengabdian kita terhadap orangtua harus kita lakukan dan dukung secara bersama-sama dengan semangat kesadaran bersama, karena bagi umat muslim, mengurus orang tua merupakan suatu kewajiban,” pungkasnya. (Tik)

www.cakrawalanusantaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gerakan Berbagi Berkah, Yuk Sedekah

Share this on WhatsAppCNN-TANJABTIM Gerakan berbagi berkah (GBB) yang dimulai sejak April 2020 lalu hingga kini masih berlanjut. Seperti yang terjadi pada Jum’at (27/11/2021) kemarin, tim gerakan berbagi berkah melaksanakan kegiatan berbagi nasi kotak untuk yatim piatu dan dhuafa di Rumah Asuh Qur’an Gaza di kawasan Mendalo Darat, Muaro Jambi. […]

Subscribe US Now

WhatsApp chat